MEKANISME KATUP
Jika berbicara mengenai teknology mekanisme katup, mungkin kita sudah terlalu sering mendengar berbagai macam teknology mekanisme katup yang dikembangkan oleh beberapa pabrikan kendaraan dengan nama yang berbeda-beda, misalnya saja i-VTEC, VVT-i, MIVEC dan lain-lain yang semuanya bertujuan sama, yaitu suatu mekanisme katup yang dikembangkan untuk mengatur waktu pembukaan dan tertutupnya katup yang variatif antara saat putaran mesin rendah dan tinggi, sehingga pembakaran mesin bisa optimal, tenaga dan torsi yang dihasilkan bisa maksimal, juga hemat BBM dan gas buang yang ramah lingkungan atau yang biasa disebut dengan mekanisme buka tutup katup pintar.
Berikut ini nama-nama teknolgy katup pintar yang dikembangkan oleh bebarapa pabrikan kendaraan, antara lain:
- Teknology i-VTEC dikembangkan oleh Honda.
- Teknology VVT-i dikembangkan oleh Toyota.
- MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) dikembangkan oleh Mitsubishi
- BMW menyebutnya dengan Vanos/Double Vanos (Variable Nockenwellensteuerung),
- Sedangkan Nissan memberi nama teknologi katup pintar mereka dengan CVTC (Continuously Variable-valve Timing Control), dan masih banyak lagi yang lainnya…