PENGAPIAN

Sepeda motor bekerja melalui suatu siklus yang terjadi berulang-ulang. Pada setiap kerjanya, mesin akan melalui 4 proses, yaitu :

  • Hisap
  • Kompresi
  • Usaha dan
  • Buang

Langkah usaha merupakan langkah dimana terjadinya pembakaran di dalam ruang bakar, oleh sebab itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang ada di dalam ruang bakar. Sistem tersebutlah yang dinamakan dengan sistem pengapian.

Sistem pengapian berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Macam-macam sistem pengapian pada sepeda motor

  • Pengapian Magnet
  • Pengapian Platina
  • Pengapian CDI

Pengapian magnet

Komponen sistem pengapian magnet terdiri dari generator sebagai penghasil arus AC dan coil sebagai transformator yang menaikkan tegangan dari 12 volt menjadi 5000 – 25000 volt.

Rangkaian Sistem Pengapian Magnet

 

Pengapian Platina (konvensional)

Pengapian CDI AC

Pengapian CDI DC


Comments
  1. rahmat says:

    bos ni mau tanya, sebenernya busi pada sepeda motor itu memercikkan api berapa kali tiap siklus motor bakar 4tak?

    • icrixs says:

      Pada umumnya, percikan bunga api busi pada 1x siklus motor bakar 4 tak ialah terjadi 2x.
      Namun hanya dimanfaatkan untuk membakar campuran gas 1x saja.
      Artinya begini, Seperti yg kita ketahui siklus kerja motor 4 tak kan, langkah hisap, kompresi, usaha, buang. Nah, busi akan memercikkan bunga apinya pada saat akhir langkah kompresi dan akhir langkah buang, akan tetapi hanya dimanfaatkan utk membakar pada saat akhir langkah kompresi saja.
      Kenapa bisa terjadi 2 kali.??
      Itu karena cara kerja busi ialah busi akan memercikkan bunga api pada saat sensor (pulser) memberikan sinyal saat pengapiannya ke CDI.
      Sedangkan pada motor 4 tak, siklus kerjanya kan terjadi 2x putaran poros engkol. Nah pada saat 1x putaran poros engkol yg pertama, pulser akan memberikan sinyal saat pengapiannya ke CDI dan begitu juga pada putaran poros engkol yg ke 2..
      Akan tetapi percikan tadi hanya akan dimanfaatkan 1x untuk membakar gas bahan bakar pada saat akhir langkah kompresi karena tidak mungkin dimanfaaatkan pada saat akhir langkah buang kan.???
      Soalnya gk ada yang mau dibakar.. Hehe

      • rahmat says:

        trimakasih jawabanya,,,,
        tpi percikan 2X busi tersebut ada maksut tertentu atau tidak bos???

      • icrixs says:

        Tidak ada bos, percikan 2x itu terjadi karena setingan sistem pengapian yang memanfaatkan pulser sebagai triger atau pemicuya, jadi otomatis seperti itu.
        Tetap saja yang dimanfaatkan cm 1x percikan saja untuk membakar gas bahan bakar.
        Sedangkan percikan yang satunya lagi bisa dikatakan mubazir cz terjadi pada saat akhir langkah buang, apa yang mau dibakar coba?… Hehehe

  2. ABDUL GOFUR says:

    Capasitor akan melepas arus ,nunggu tegangan pulsar yg masuk ke CDI mencapai kapasitas tegangan maksimum.Magnet berputar 1x tegangan yg ditrima gate belum bisa utk membuka gerbang.setelah PICK UP berputar 2x baru gate akan melepas arus yg disimpan CAPASITOR….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s