WISATA KOTA BATU-MALANG

Selamat pagi, siang, sore, malam sob…!!!
Selamat datang di icrixs.wordpress.com…….

Seperti biasa, kali ini Mr.IC akan berbagi pengalaman perjalanan lagi sob, masih seputaran “Jawa Timur”, tepatnya di kota batu malang. Kota Batu  terletak di dataran tinggi di kaki Gunung Panderman dengan ketinggian 700 sampai 1100 meter di atas permukaan laut. Berada sekitar 15 km sebelah baratnya Kota Malang, tepatnya di jalur Malang-Kediri.

Batu-Malang gk pernah habis menyuguhkan keindahan dan keunikan dalam sektor pariwisata, maka dari itu gk salah jika dinamakan sebagai kota wisata.

Suasana khas pegunungan yang sejuk dan tentunya “Super Dinginnn” kira-kira suhunya itu mencapai rata-rata 15-19 derajat celcius..😀

Batu-Malang terkenal dengan hasil perkebunan, pertanian dan peternakan, seperti apel, jeruk, sayur mayur, peternakan kelinci, sapi dll. Jadi jangan kaget kalau nanti disana kalian akan banyak menjumpai perkebunan apel, peternakan sapi, lesehan yang menyediakan sate kelinci, serta berbagai macam olahan dari susu sapi, yang jelas kalian gak akan rugi kalau jalan-jalan ke kota batu sob.

Beberapa minggu di kota batu rasanya enggan balik ke rumah lagi sob😀

Penduduk kota batu yang ramah semakin membuat ane betah disana, petani apelnya juga baik-baik sob, gak perlu beli apel, langsung ja datang kekebun-kebun petaninya, pasang muka melas, insa allah dapat apel gratisan. Hahaha

Banyak objek wisata yang berada di kota ini antara lain : Batu Night Spectacular (BNS), Jawa Timur Park 2, Taman Rekreasi Selecta, dan Wisata Petik Apel, Pemandian air panas cangar, Alun-alun kota batu, dll.

Berikut ini beberapa keunikan dan keindahan tempat wisata di kota batu sob.

  • Alun-alun kota batu

Berada di pusat kota batu, kira-kira sekitar 40 menit dari kota malang…

Datang di alun-alun kota batu, kita seperti bukan berada di sebuah alun-alun, namun terasa berada seperti di taman hiburan. Gak percaya sob.??
Langsung di cek aja dh beberapa penampakan alun-alun kota batu dibawah ini. Karena Kota Batu-Malang terkenal dengan apelnya, pemerintah kota batu menjadikan “APEL” sebagai maskot kota batu.. Hehe,, kreatif ya..🙂

Dialun-alun kota batu, terdapat wahana hiburan Ferris Whell, adik ane sih bilangnya “Kurungan Muter” sob…😀

Cukup dengan uang Rp 3000/org, kita bisa menikmati wahana hiburan kurungan muter ini sob.😀

Yang jelas kalian semua gk akan rugi kalau jalan-jalan ke alun-alun kota batu ini sob, satu lagi sob seperti biasa rasanya kurang lengkap kalau jalan-jalan tanpa jajan. Nah sekedar refrensi buat kalian semua, di dekat alun-alun ini ada beberapa kuliner khasnya sob, enak dijadikan tempat tongkrongan sambil menikmati keindahan alun-alun. Salah satunya”POS KETAN”, penasaran kan sama kuliner yang satu ini.. Mangkanya langsung datang aja ke alun-alun kota batu.. Hehe

  • Batu Night Spektakuler

Dari namanya aja sudah bisa ngebayanging kan.???🙂

Batu night spektakuler atau yang lebih dikenal dengan BNS merupakan taman hiburan malam yang ada di kota batu. BNS memiliki beberapa wahana hiburan yang keren-keren dan pastinya seru sob.

Berikut ini sedikit penampakannya, yang pastinya buat kaki kalian gatel pngn ksana..😀

  • Wisata Air Terjun Cuban Rondo

Selain alun-alun dan BNS, ini ada satu lagi refrensi buat kalian yang hoby wisata alam terbuka. . Wisata air terjun Cuban rondo, tepatnya didesa Pandesari Kecamatan Pujon, kabupaten malang.  Disini kalian dapat menikmati indahnya penandangan alam ciptaan tuhan yang sungguh luar biasa. Letaknya sekitar 20 km dari alun-alun kota batu.

Ketinggian air terjun cuban rondo kurang lebih 85 m.

Sebelum mencapai air terjun, kita akan menyusuri hutan pinus dulu sob. Keren buat memanjaikan mental “Alay”.😀

Seperti biasa sob, kurang seru rasanya jika setiap perjalanan hanya da kegiatan foto-foto. Oleh karena itu Mr. IC dsin mencoba untuk mengungkap bagaimana sih sejarah dari tempat ini dan juga isu seputar mitos-mitos yang ada di tempat ini.. Penasaran kan.?? Cekidoottt…😀

Kita mulai dari sejarahnya dulu ya, sumbernya dari papan informasi yang ada ditemapat wisata ini sob.🙂

Legenda ………….
Asal-usul Cobanrondo berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita yang bernama Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi menikah dengan Raden Baron Kusuma dari Gunung Anjasmoro. Setelah usai pernikahan mencapai 36 hari (selapan) Dewi Anjarwati mengajak suaminya berkunjung ke Gunung Anjasmoro. Namun orangtua Dewi Anjarwati melarang kedua mempelai pergi karena baru selapan. Namun keduanya bersikeras pergi berangkat dengan segala resiko apapun yang akan terjadi diperjalanan.
Ketika dalam perjalanan, keduanya dikejutkan dengan hadirnya Joko Lelono yang tidak jelas asl usulnya. Tampaknya Joko Lelolono terpikat dengan kecantikan Dewi Anjarwati dan berusaha merebutnya. Perkelahian tidak dapat dihindarkan, kepada punokawan yang menyertainya Raden baron berpesan agar Dewi Anjarwati disembunyikan diseuatu tempat yang ada Cobannya (air terjun). Perkelahian berlangsung dan akhirnya sama-sama gugur, dengan demikian akhirnya Dewi Anjarwati menjadi janda (Jawa, Rondo = Janda).
Sejak saat itulah, Coban tempat tinggal Anjarwati menanti suaminya dikenal sebagai Coban Rondo. Konon batu besar yang berada dibawah air terjun  merupakan tempat duduk sang putri.

 

Sedangkan mitos yang berkembangnya adalah larangan membawa pacar ketempat ini, karena bisa-bisa putus setelah beberapa minggu dari tempat ini. Percaya gk percaya, itu semua terserah kita. Cz yang nentuin semuanya kan yang di atas sob.. Itu sekedar informasi saja.. Hehe

Ok, cukup sekian perjalanan wisata ke kota batu kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat yang keren di kota sob. Berhubung waktu tidak mendukung buat posting jadi cukup sekian dan terima kasih..
Wassalam. Mr.. Ic..

Comments
  1. Andrew-Tan says:

    Nice info gan… Moga2 membantu para pembaca yang lain nih… Aku mau share rekomendasi tempat nginap nih… Kalau jalan2 ke Malang belum tahu tempat buat nginap saya saranin menginap di hotel Kartika Graha. Lokasi dekat pusat kota, fasilitas lengkap, harga terjangkau. Cocok banget buat yang mau jalan2 di sekitar pusat kota Malang atao mau ke Car Free Day & Pasar Minggu. Check this out http://www.kartikagrahahotel.com

  2. Info rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Steak & Sate Kelinci
    • Jagung&PisangBakar
    • Aneka sambal&masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relative murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga.Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    WarungKhasBatu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, JawaTimur 65314 (Jatim Park 1 – Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BB PIN : 746FFD7F
    http://www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    http://www.Facebook.com/Warung.KhasBatu

    Lokasi : 300 m utara Jatim Park 1, 200 m timur Museum Angkut+
    https://www.google.co.id/maps/place/The+Batu+-+Villas+%26+Restaurant/@-7.879323,112.522552,17z/data=!3m1!4b1!4m2!3m1!1s0x2e78872cef15f127:0xc756168829419446

    NB : blogger / pengulas / reviewer kami undang uji coba, gratis !

  3. Nuzulur Rohmah says:

    Kerennn, syangny kmrn gk bs smua tmpt dkunjungi..
    Beautiful city…

  4. JavaSign says:

    Ada yg lagi nyari hotel murah malang… yuk cek disini http://dparagon.com/hotel-murah-malang/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s